Home
kampus
Kuliah Umum tentang Food and Drugs Safety

Kuliah Umum tentang Food and Drugs Safety


Selasa, 2017-03-07 - 08:52:41 WIB

UNIVRAB - Keamanan pangan dan obat di Indonesia masih bermasalah. Banyak kejadian luar biasa akibat keracunan makanan dan obat. Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan setiap saat dan memerlukan pengelolaan yang baik dan benar agar bermanfaat bagi tubuh.

Bertolak dari hal tersebut, program studi (Prodi) Analis Farmasi dan Makanan (Anafarma) UNIVRAB melaksanakan Kuliah Umum pada Sabtu (12/11) di Ruang Serba Guna Tarikh Bin Ziyadh.  Mengambil tema "Food and Drugs Safety", acara dihadiri dan diisi oleh Emi Amelia S.Farm M.Sc Apt dari BPOM Provinsi Riau dan Drs Akmal Mukhtar MS dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

Acara dihadiri oleh pihak Rektorat UNIVRAB yang diwakili oleh Direktur P2K (Pusat Karir dan Kewirausahaan) yakni Dimas Pradhasumitra M.Ss, Kepala Bagian Humas yakni Hizra Marisa M.Si, Ketua Prodi Anafarma yakni Ira Oktaviani RZ M.Farm Apt, para dosen serta mahasiswa Anafarma UNIVRAB.

Acara yang dimoderatori oleh Wahyu Margi Sidoretno M.Farm Apt yang merupakan salah satu dosen Anafarma tersebut banyak memaparkan tentang perlunya mengetahui tentang keamanan akan makanan dan obat. Seperti yang disampaikan oleh Akmal Mukhtar, dalam penjelasannya, pria yang telah bertahun-tahun malang melintang tentang makanan dan obat tersebut menyebutkan bahwa peran serta tenaga teknis kefarmasian dalam menjamin keamanan pangan dan obat bagi konsumen.

"Para tenaga teknis farmasi harus dapat mensosialisasikan hal ini dalam kehidupannya, dapat menjamin keamanan pangan dan obat bagi konsumennya. Dibangku perkuliahan semuanya telah ada, bagaimana prosedurnya dan apa saja hal teknis yang memang diperlukan, karna kalau salah bisa fatal akibatnya," ucap Akmal dihadapan puluhan mahasiswa yang hadir.

Disesi kedua, Emi Amelia dari BPOM Provinsi Riau menjelaskan tentang analisis pangan dan sediaan farmasi secara mikrobiologi sesuai GMP.

Ditemui disela kegiatan, Ira Oktaviani, Kaprodi Anafarma menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan kali ini untuk mensosialisasikan tentang obat dan pangan, bagaimana dan apa saja prosedur yang harus diketahui oleh para farmacist (orang farmasi -red) terkait tentang isu keamanan pangan dan obat.

"Masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana dan seperti apa makanan yang aman, baik dari bentuk luaran hingga kandungannya. Kuliah umum kali ini bertujuan mengedukasi masyarakat secara luas dan civitas akademika secara khusus," ucap wanita yang tengah hamil anak kedua tersebut menjelaskan.

Dimas Pradhasumitra yang ditemui dalam acara yang sama, menyambut baik acara seperti ini. Dikarenakan hal ini sejalan dengan rencana UNIVRAB yang akan meresmikan UNIVRAB Halal Center (UHC).

"Memang kita akan gesa Anafarma berkontribusi dalam UHC yang sebentar lagi akan kita resmikan, kita berbicara lebih dalam dan spesifik, makanan dan obat yang halal. Karna mayoritas dari kita adalah muslim, namun masih banyak yang belum aware dengan produk halal, terlebih dengan gempuran MEA dan produk dari luar negeri yang membanjiri Indonesia" ucap Direktur P2K UNIVRAB tersebut.

Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada para pembicara dan berfoto bersama antar peserta dan panitia yang hadir.***(Hizra-HUMAS UNIVRAB)


Share Berita


Komentari Berita

Berita Terbaru

Eksternal Link

Galeri Foto