Latar Belakang
Diposting tanggal: 04 Mei 2013

 

 

 

 

 

 

 

Nama Program Studi D-III Analis Farmasi dan Makanan (ANAFARMA) Universitas Abdurrab Pekanbaru sebelumnya bernama Akademi Analis Farmasi dan Makanan (Akafarma) dibawah yayasan Abdurrab Pekanbaru. Berdiri sejak 1999 dengan izin Menkes  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.00.06.1.3.2116 tertanggal  19 Juli 1999. Kemudian pada tahun 2005 Akafarma Yayasan Abdurrab Bergabung dibawah naungan Universitas abdurrab dengan izin Mendiknas RI No : 75/D/O/2005 menjadi Program Studi DIII Analis Farmasi dan Makanan (ANAFARMA)

Berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan No. HK.00.06.2.2.0925 tanggal 3 Juni 2003, AKAFARMA Abdurrab ditetapkan memperoleh jenjang Akreditasi Strata B dengan nilai 80,83

Pada tanggal 7 Juni 2005, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 75/D/D/2005 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi & Penggabungan Akademi yang ada di bawah naungan Yayasan Abdurrab menjadi Universitas Abdurrab Pekanbaru, maka AKAFARMA secara langsung tergabung dalam Universitas Abdurrab dengan nama Program Studi D-III Analis Farmasi dan Makanan (D-III ANAFARMA). Ada beberapa program studi dibawah naungan Universitas Abdurrab diantaranya adalah Program Studi Kebidanan, Program Studi Keperawatan, Program Studi Analis Farmasi & Makanan, dan Program Studi Fisioterapi.

            Program Pendidikan D-III ANAFARMA selama 6 semester atau 3 tahun dengan beban studi 120 SKS dengan persentase 50% teori dan 50% praktek. Praktek Kerja lapangan merupakan suatu kebutuhan kurikulum dalam rangka mengaplikasikan  ilmu-ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan tujuan untuk menghasilkan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan sebagai tenaga professional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidangnya sehingga mampu bersaing di era globalisasi dunia kerja.

            Tempat yang menjadi lahan Praktek Kerja Lapangan sesuai dengan bidang D-III ANAFARMA adalah Pusat Pemeriksaan Obat dan Makanan, Industri Obat-Obatan/Farmasi, industri makanan, industri minuman/beverage dan pengolahan air/limbah, industri jamu/obat tradisional, industri kosmetika dan alat-alat kesehatan, apotek dan instansi lain yang terkait.

            Untuk mempertahankan mutu pendidikan pada taraf yang tinggi, aplikasi antara teori dengan praktek di lapangan (perusahaan) dalam bentuk PKL akan menambahkan lagi arti ilmu perkuliahannya secara nyata. Hal ini akan dicapai bila dukungan dari semua pihak termasuk perusahaan.

            Hasil praktek kerja lapangan dituangkan dalam bentuk laporan yang akan diuji oleh tim dosen. Adapun hal-hal yang menjadi rahasia perusahaan akan dipegang teguh oleh Mahasiswa maupun Institusi sesuai apa yang diharapkan oleh perusahaan.